Cara memilih perusahaan sekuritas – Bagi kamu yang mendapatkan inspirasi dari Warren Buffet untuk berinvestasi di dunia saham, tentunya ingin menjadi salah satu dari investor yang sukses bukan?

Langkah pertama untuk berinvestasi di dunia saham adalah memilih perusahaan sekuritas terbaik untuk membuka rekening efek.

Perusahaan sekuritas ini sebenarnya mirip sekali dengan perbankan. Di mana Anda menyimpan uang di bank dan menjadi investor pasif yang mendapatkan bunga secara rutin. Sedangkan di perusahaan sekuritas, Anda harus menjadi investor aktif untuk mendapatkan keuntungan dari transaksi jual beli saham.

Perusahaan sekuritas merupakan anggota dari Bursa Efek Indonesia (BEI) yang memiliki lisensi untuk jual – beli saham dan menjadi perantara transaksi bagi para investor.

Saya yakin kalau Anda pasti bingung untuk memilih perusahaan sekuritas karena ada banyak sekali perusahaan sekuritas di luar sana. Berdasarkan data dari IDX, terdapat 105 perusahaan sekuritas di Indonesia dan 43 di antaranya telah bergabung di program yuknabungsaham dari IDX.

Berhubung saat ini saya bekerja di bank Mandiri, saya pastinya menggunakan layanan Mandiri Sekuritas. Walaupun begitu, saya diperbolehkan untuk memilih perusahaan sekuritas lain. Inilah beberapa pertimbangan yang saya gunakan untuk memilih perusahaan sekuritas terbaik.

8 Cara Memilih Perusahaan Sekuritas

1. Setoran awal kecil.

setoran deposit kecil

Mandiri Sekuritas memberikan penawaran yang mudah bagi Anda yang ingin menjadi investor saham dan membuka rekening efek. Seperti yang dapat Anda lihat di dalam foto di atas, Mandiri Sekuritas mempersyaratkan Anda untuk menyetor sebesar Rp 10 juta bagi masyarakat umum dan Rp 5 juta bagi pelajar / mahasiswa.

Saya mau memberitahukan Anda suatu informasi rahasia. Anda dapat menarik kembali uang tersebut melalui menu redeem. Atau ketika rekening investor sudah terbentuk, sebenarnya Anda cukup menyetorkan uang sesuai dengan kemampuan Anda saja. Jadi bisa dikatakan setoran awal yang diperlukan adalah Rp 0,-.

2. Mendukung transaksi online.

Saat ini semua sudah serba canggih dan memang sudah jamannya untuk bertransaksi secara online. Namun, tidak semua perusahaan sekuritas menyediakan platform digital untuk melakukan jual – beli saham. Perusahaan sekuritas ini harus bertransaksi melalui chat atau telepon sehingga muncul biaya administrasi tambahan nantinya.

Saya sendiri memilih perusahaan sekuritas yang telah menyediakan aplikasi untuk melakukan jual beli saham, seperti Mandiri Sekuritas atau Mirae Sekuritas. Tinggal klik dan transaksi berjalan. Tidak pakai ribet dan tidak ada delay. Bahkan bisa dikatakan tidak ada human error ketika bertransaksi via aplikasi dibandingkan dengan transaksi via chat / telepon.

3. Memperhatikan fee jual beli saham.

fee jual beli

Fee atas transaksi jual beli saham yang standard adalah 0,25% untuk pembelian saham dan 0,35% untuk penjualan saham. Hal ini nampaknya berlaku umum. Saya merekomendasikan seluruh perusahaan sekuritas yang bisa memberikan harga di bawah itu.

Note : Saya sendiri mendapatkan rate fee jual beli saham sebesar 0,15% untuk beli dan 0,35% untuk jual.

4. Cek biaya – biaya lain.

Pada umumnya, perusahaan sekuritas hanya membebankan fee jual – beli saham kepada investor. Hanya saja mungkin ada biaya adminstrasi tambahan atas additional service(s) yang diberikan seperti training ataupun rekomendasi saham oleh tim riset. Pastikan Anda mengetahui seluruh biaya yang muncul!

5. Memperhatikan fitur aplikasi.

Fitur aplikasi yang paling standard dari perusahaan sekuritas adalah jual beli saham. Beberapa perusahaan sekuritas menawarkan additional fitur seperti auto buy dan auto sell sehingga kita dapat melakukan jual beli saham secara otomatis tanpa harus stand by di depan monitor.

Selain itu, apabila Anda sudah semakin kenal dengan dunia investasi, maka pilihan investasi Anda tentunya akan semakin beragam. Banyak instrument pasar modal seperti reksadana dan obligasi yang dapat menjadi pilihan Anda.

6. Menyediakan training gratis.

Bagi Anda yang tertarik untuk bertransaksi jual beli saham secara mandiri, pastinya menggunakan aplikasi. Nah, tidak semua aplikasi tersebut user friendly sehingga dapat langsung digunakan oleh para investor. Apalagi jika aplikasi tersebut memiliki fitur yang lengkap.

Nah, pastikan Anda mengikuti kelas pelatihan dari perusahaan sekuritas sehingga Anda semakin paham mengenai kelebihan dan kekurangan aplikasi tersebut. Mulailah dari fitur dasar seperti jual beli saham, baru kemudian mempelajarinya fitur lainnya.

7. Proses pencairan cepat.

Perusahaan sekuritas yang bagus tentunya tidak menahan dana investor terlalu lama ketika investor tersebut. Saya merekomendasikan seluruh perusahaan sekuritas yang dapat mencairkan transaksi pada H+0, maksimal H+1 lah. Saya sendiri bisa mencairkan dana di hari yang sama, apabila redeem antara jam 09.30 – 14.00 WIB.

8. Mempunyai tim riset yang mumpuni.

Melakukan riset dan analisa saham yang komprehensif merupakan satu – satunya faktor yang menjadi pintu keberhasilan investor dalam berinvestasi saham. Apabila perusahaan sekuritas tersebut mempunyai analis papan atas yang sering memberikan pendapat di media, maka kualitas riset dari perusahaan sekuritas tersebut tidak perlu lagi Anda ragukan.

Baca juga : Apa keuntungan dan kerugian membeli saham?

Kita tentu akan pede untuk mendengarkan rekomendasi atas investasi saham dari para analis yang memberikan penjelasan secara komprehensif. Namun, perlu diingat bahwa itu adalah rekomendasi … keputusan untuk jual beli saham merupakan keputusanmu sendiri.

Itulah 8 cara memilih perusahaan sekuritas ala PelajarSaham. Selain itu, Ada baiknya untuk Anda mencari tahu reputasi perusahaan – perusaaan tersebut dari media dan praktisi keuangan. Pastikan mereka telah memiliki ijin dari IDX dan terdaftar di OJK.

Bagi Anda yang ingin membuka rekening investor, saya merekomendasikan Anda untuk mengunjungi website Mandiri Sekuritas dan Mirae Asset Sekuritas.

Disclaimer : Tulisan ini bukanlah sponsor dari perusahaan manapun. Murni berdasarkan pengalaman pribadi dan saya cukup puas atas performance yang telah diberikan. Kunjungi juga ngurusduit.com bagi Anda yang ingin mempelajari mengenai perencanaan keuangan pribadi.

Author

Write A Comment