Smartphone telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia di era modern ini. Tren teknologi masa kini yang berkembang dengan pesat dan munculnya HP flagship dapat membantu manusia untuk mencari dan mengolah informasi dengan cepat. Handphone tidak dapat lepas dari genggaman tangan … kemanapun dan kapanpun Anda pergi.

Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, bermunculan aplikasi yang dapat Anda unduh untuk membantu kehidupan Anda. Anda dapat mencari aplikasi tersebut melalui Play Store, Apple Store, bahkan Mi Store. Termasuk di dalamnya adalah aplikasi untuk membantu Anda dalam mengelola portfolio saham.

Tim pelajarsaham telah merangkum 5 aplikasi handphone yang wajib dimiliki trader dan investor saham. Yuk disimak

Aplikasi Wajib Trader Saham

aplikasi yang wajib dimiliki di smartphone milik trader saham investor saham

1. RTI Business

RTI Business adalah salah satu aplikasi smartphone yang wajib dimiliki oleh investor saham. Anda dapat mengunduh dan menggunakan aplikasi ini secara gratis. Aplikasi ini sangat penting bagi para investor yang menginginkan data saham dan hasil analisa fundamentalnya. Anda juga dapat melihat profil perusahaan, pergerakan harga saham, laporan keuangan perusahaan, sampai jadwal pembagian dividen perusahaan tersebut.

Berikut adalah beberapa alasan tim pelajarsaham merekomendasikan RTI Business.

a. IHSG

Secara default, RTI Business akan menampilkan perfomance IHSG ketika Anda membuka aplikasi tersebut (Baca juga : Apa itu IHSG?). Anda dapat memantau status IHSG mulai dari harga pembukaan, harga penutupan, frekuensi transaksi yang terjadi, volume transaksi yang terjadi, bahkan total market cap dari IHSG itu sendiri.

b. Aliran Dana

Salah satu faktor yang mempengaruhi pergerakan saham di Indonesia adalah aliran dana asing. Semakin banyak aliran dana asing yang masuk ke Indonesia, maka indeks IHSG akan terdorong naik. Apabila aliran dana asing keluar dari Indonesia, maka indeks IHSG akan turun.

c. Berita

RTI Business memiliki berita saham paling up to date sampai dengan tulisan ini dimuat. Berita – berita yang dimuat sangat relevan dan aktual sehingga kita dapat mengetahui isu terkini mengenai perusahaan di masa kini dan masa yang akan datang.

d. Aksi Korporasi

Salah satu fitur andalan RTI Business adalah corp action (aksi korporasi) yang menampilkan mengenai jadwal IPO, jadwal pembagian dividen, rencana right issue, hingga jadwal rapat umum pemegang saham (RUPS). Secara umum, setiap corp action akan menentukan pergerakan harga saham sehingga investor yang mendapatkan informasi ini bisa mengambil keputusan dengan cepat.

e. Laporan Fundamental Saham

Bila Anda ingin melakukan analisa saham secara fundamental, maka aplikasi RTI Business dapat membantu Anda untuk melihat gambaran fondasi setiap perusahaan yang terdaftar dalam IHSG. Anda dapat melihat neraca keuangan, laporan laba-rugi, dan arus kas selama 5 tahun terakhir. Bahkan RTI Business telah mengolah seluruh data tersebut untuk menyediakan laporan terkait Earning Per Share (EPS), Dividend Yield, Return On Assets (ROA), Return On Equity (ROE), dan masih banyak lagi.

2. Telegram

Sebagai seorang trader saham, Anda wajib untuk menggunakan Telegram sebagai aplikasi chat Anda. Saat ini banyak sekali komunitas investor di telegram seperti pelajarsaham, creativetrader, ataupun ilmusaham. Telegram dapat berkembang pesat karena dapat menampung jumlah anggot yang sangat besar dalam 1 grup. Oleh karena itu, jangan heran kalau banyak orang yang pindah dari WA/Line dan menggunakan Telegram pada akhirnya.

Salah satu fitur andalan dari Telegram adalah bot. Aplikasi bot yang terkenal di Instagram dan dapat Anda gunakan secara gratis adalah HQ Saham IDX. Anda dapat menggunakan bot ini untuk screening saham menggunakan analisa teknikal, mendapatkan rekomendasi jual-beli saham, dan memasang notifikasi atas saham pilihan Anda dengan menggunakan parameter tertentu.

3. Aplikasi Trading

Ketika Anda telah memiliki aplikasi pendukung, seperti RTI Business dan Telegram, saya rasa Anda sudah siap untuk jual – beli saham. Langkah pertama untuk berinvestasi di dunia saham adalah membuka rekening efek di salah satu perusahaan sekuritas. Berdasarkan data dari IDX, terdapat 105 perusahaan sekuritas yang telah mengantongi izi dari OJK.

Banyaknya pilihan perusahaan sekuritas tersebut menunjukkan bahwa iklim investasi di Indonesia adalah baik, namun di sisi lain investor akan kebingungan dalam memilih salah satu perusahaan sekuritas. Tim pelajarsaham.com merekomendasikan Mandiri Sekuritas dan Mirae Sekuritas karena keduanya termasuk dalam daftar perusahaan sekuritas terbaik.

Baca juga : Cara memilih perusahaan sekuritas yang efektif

4. Investing.com

Berawal dari sebuah forum untuk trader mancanegara, investing.com telah hadir di Indonesia. Investing.com dapat menjadi salah satu aplikasi yang wajib dimiliki investor saham karena memiliki fitur screening saham, status indeks dunia, dan kalender corp action.

a. Screening saham

Salah satu fitur yang menarik dalam aplikasi investing.com adalah screening saham. Anda dapat mencari suatu saham dengan menggunakan parameter yang telah Anda tentukan sendiri. Misalnya saja daftar perusahaan dengan PER < 5 atau dividend yield > 8%. Tentunya fitur ini dapat menghemat waktu Anda dalam menentukan target saham yang akan Anda tambahkan ke dalam portfolio Anda.

b. Status indeks saham

Sama seperti RTI Business, investing.com juga menawarkan status indeks saham yang ada di dunia seperti Dow Jones, S&P 500, atau NASDAQ. Bahkan investing.com juga menyediakan pergerakan harga bitcoin dan crytocurrency lainnya secara real time.

c. Kalender corp action

Seorang investor sejati tentunya paham bahwa corporate action akan menentukan harga saham. Misalnya saja perusahaan yang menjadwalkan pembagian dividen akan mendorong harga sahamnya untuk terus naik. Anda mungkin pernah mendengar kata kata bijak yang mengatakan, “information is a new gold!”. Oleh karena itu, jadilah orang pertama yang memperoleh informasi.

5. STOCKBIT

Stockbit adalah salah satu aplikasi terbaik yang kami rekomendasikan untuk trader dan investor saham. Anda dapat menggunakan Stockbit untuk membuat watchlist, melihat saham yang sedang trending, dan berdiskusi tentang saham pilihan Anda dapat sebuah forum.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda wajib mendownload Stockbit di smartphone.

a. Analisa Teknikal

Stockbit menyediakan fitur yang cukup lengkap pada smartphone Anda. Anda dapat menggunakannya Stockbit untuk melihat chart bar, fibonacci, bollinger bands, MACD, atau Momentum Oscillator. Saya pribadi menggunakan aplikasi ini untuk membuat garis support dan resistance dalam memantau pergerakan harga saham.

Baca juga : Cara Melakukan Analisis Saham Untuk Investor Pemula

b. Analisa Fundamental

Stockbit telah mengelola seluruh data keuangan perusahaan sehingga Anda bisa melakukan analisa dengan jauh lebih cepat. (Baca juga : Analisa Fundamental Saham Perusahaan Secara Praktis). Apabila Anda ingin melakukan penelitian lebih dalam, tentunya Anda dapat download laporan keuangan perusahaan tersebut melalui halaman investor masing – masing perusahaan.

c. Forum

Belajar dari pengalaman orang lain merupakan langkah yang bijak agar kita tidak sering tersandung ketika sedang belajar. Oleh karena itu, Anda perlu mengikuti diskusi tentang saham yang Anda pilih di dalam forum Stockbit. Anda juga dapat belajar dengan mastah mastah di dunia saham seperti Ellen May, Wellson Lo, atau Andre Elausta.

Itulah pembahasan singkat mengenai aplikasi handphone yang wajib dimiliki oleh trader dan investor saham. Semoga bermanfaat. Jangan lupa share agar orang lain juga merasakan manfaatnya!

Author

Write A Comment